Langkah Strategis untuk mahasiswa IT

Mungkin saya memang bukanlah siapa-siapa. tapi saya hanya ingin berbagi pelajaran yang saya dapat langsung dari pengalaman.

berikut adalah hasil pengamatan saya mengenai cara-cara untuk menjadi mahasiswa IT yang sukses hingga dunia kerja.

1. Status sosial. Pastikan bahwa tidak ada coretan merah dalam nama anda. Pastikan bahwa anda tidak bermasalah dengan Dosen, teman, bagian administrasi, juga kepolisian. Dengan hanya memiliki status sosial yang baik berarti anda telah memiliki modal dasar.

2. Skill. Jangan terlalu berharap skill akan datang dari kuliah. Skill justru kebanyakan datang dari eksperimen sendiri. Dengan  berbekal status sosial dan skill yang handal, anda telah memiliki paling tidak 40 % modal awal.

3. Pengalaman.  Walaupun memiliki status sosial serta skill yang baik, tanpa pengalaman kerja, kita akan kesulitan dalam bersikap secara profesional. Maka dari itu pengalaman disini penting untuk kita miliki agar saat waktunya bekerja nanti kita tidak lagi menjadi seorang pengikut saja, tetapi kita dapat mengikuti alur profesionalisme  perusahaan.

4. Link. Jangan remehkan yang satu ini. Perluas pergaulan anda dimanapun, tidak hanya dengan forum-forum berbau IT namun juga yang bersifat sosial. Mana tahu ternyata link yang paling tajam untuk kita akan kita dapat dari orang yang tidak tau apa-apa tentang IT?

Demikian tadi tips-tips yang saya punya. Semua asli dari hasil analisis saya..Go Profesional, Friend..

2 thoughts on “Langkah Strategis untuk mahasiswa IT

  1. Usul buat nambah tips 1 lagi,
    5. Gemar membaca, jangan diartikan sempit dengan baca buku saja. Tapi baca informasi terkini, baca peluang. Karena IT adalah dunia yang dinamis. Yang dibilang canggih saat ini, bisa jadi akan dibilang ketinggalan dalam waktu singkat.

  2. Menjadi orang yang sukses itu impian semua orang, tapi mensukseskan orang lain belum tentu semua orang memimpikan…saat kita berjuang untuk mensukseskan orang lain…entah itu di keluarga, di sekitar rumah, di kampus, atau di dalam dan luar negeri (wah..kepanjangan..:) ) yakinlah ..itulah salah satu jalan mensukseskan diri sendiri…(dengan kata lain, ‘efek samping’ dari perjuangan…nb: efek samping bukan hanya dari obat lho..)…saya sekarang ‘sedang’ merasakannya…dan bahkan bukan hanya saya..sudah banyak yang merasakannya…salah satu tokoh yang menjadi inspirasi saya sudah menulisnya…(http://romisatriawahono.net/2008/08/21/kebebasan-yang-membebaskan/ )saat saya bermimpi, visi, dan misi untuk berjuang agar UIN bisa bersaing dengan Univ.lain…dan membentuk SDM yang lebih kompetitif…lewat club programming…+-2tahun ‘perjuangan’ ini…akhirnya, efek samping itu mulai terasa…walau baru gejala…(lain kali di ceritain gejalanya..kalo dah terjadi beneran, bukan gejala lagi..tapi ga’ janji lho…hehe..) pintu rezeki…pintu sukses terasa terbuka…walaupun sebenarnya dari awal berjuang tiada terpikir untuk berharap mendapat efek samping..:D yah..tapi itulah yang terjadi…saat kau berjuang yakinlah Allah tiada menyiakanmu…itulah yang juga dialami oleh bang Romi…selamat berjuang saudara2 IT ku…berjuang demi kehidupan manusia yang lebih baik…”perjuangan yang membebaskan” keep spirit n ikhlash…moga kita termasuk orang berjuang demi kebaikan dengan gigih dan ikhlas..
    ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s