Hak Atas Kekayaan Intelektual

Sebagai mahasiswa yang notabene nya adalah orang-orang cerdas dan memiliki prinsip dan pemikiran yang teguh, sudah selayaknya lah kita menghargai hasil karya orang lain. Apa yang bisa kita lakukan untuk itu? Gampang saja..
Pasti kita banyak menyaksikan apa yang disebut dengan “piracy” atau pembajakan. Memang kelemahan kita adalah ketidakmampuan untuk membeli lisensi berbayar yang pastinya “mihil” alias mahal. Apalagi untuk mahasiswa. Tapi tentu ada jalan lain yang lebih baik dibanding harus membajak, atau menggunakan program ataupun lagu,dll yang bajakan. Caranya adalah, gunakanlah program opensource. Dari user, untuk user. Ikut berkontribusi dalam project open source berarti ikut menyumbang bagi kemajuan dunia IT serta menghargai HAKI karena membantu mengurangi jumlah pengguna barang bajakan.
Sebagai catatan, saya dulu pernah membuat sebuah software, serta beberapa hasil karya, yang dibuat memang dengan spesifikasi yang tinggi. Malangnya, hasil karya saya itu dicontek oleh teman saya sendiri dan diakui miliknya. Wahh,,yang tadinya saya ingin kumpulkan sebagai tugas kuliah, eh malah diambil orang. Dan saya harus membuat ulang lagi.
Dari situlah saya mulai sadar betapa berharganya sebuah karya yang murni milik pribadi. Apalagi waktu itu untuk tugas kuliah. ck…ck..ck… Mulai saat itu saya mengurangi pemakaian software bajakan,-kalo ga kepepet bgt-….Bagi pembaca yang ingin bergabung dengan project open source silahkan register dan bergabung di http://www.launchpad.net  ….disana banyak lho yang bisa kita kontribusikan..

Retno Ayu Widiyaningrum

5 thoughts on “Hak Atas Kekayaan Intelektual

  1. Caranya gampang kok biar ga make software bajakan, pake linux aja.. rekomendasi Ubuntu, klo mau telp aja… dan itu dirasa udah cukup kok untuk mengurangi ketergantungan pada program bajakan.

  2. stop pembajakan??? “mission impoible”
    pembelajaran di Indonesia telah mengajrkan setiap anak bngsa untuk terbiasa dan ketergantungan dengan all bout bajakan.
    solusinya singkat.,tapi sulit.,
    smua berawal dari sekolah, kampus, instansi pemerintah, kantor dan orang tua.
    karena dari hal2 diatas kita terbiasa untuk menikmati, menggunakan dan memakai apa yng seharusnya tidak kita nikmati, gunakan dan pakai.

  3. An interesting discussion is definitely worth comment.
    I think that you ought to publish more on this issue, it may not be a taboo subject but typically people don’t speak about such issues. To the next! Kind regards!!

  4. For newest information you have to visit world wide web and on internet I
    found this site as a best web page for most up-to-date updates.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s