Stellarium, cool…

Stellarium, wheewwW…

Iseng-iseng update intrepid ibex, aku inget bahwa aku tuh suka banget sama package yang namanya stellarium, Aseleh (baca : asli) Keren banget.. Akhirnya kuputuskan untuk download and Install tuh package. Emang kereen bangeet…. Dengan Stellarium terpasang di Coqu, -laptopku- , aku pun berjalan dengan petentengan dengan pundak naik turun geregetan, hehe..

Akhirnya pagi ini kucoba deh maen-maen dengan stellarium ku tersayang. Buat yang belum tau apa itu stellarium, sini kujelasin. jadi, Stellarium itu adalah sebuah package di Linux yang menyimulasikan (kalo kata guru B. indonesia ku, huruf-huruf K-P-T-S itu luluh dengan imbuhan men-, jadi men + simulasi + kan = menyimulasikan, haha, aku memang cerdas)…Jadi Stellarium itu menyimulasikan ruang angkasa. Pengetahuanku di bidang atronomi emang poor banget, tapi setidaknya aku tau laah, mana bintang, mana planet, nebula, konstelasi, apalagi matahari.. Hehehe. Dengan berbasis pengetahuan yang parah dibanding anak TK (baca : Mahasiswa astronomi), aku pun cuma bisa terpana, cengok-cengok sendiri, ngeliatin planet-planet, matahari, bintang -bintang yang membentuk konstellasi. Subhanallah, indah banget. Aku pun -seperti biasa- cengok gak karuan, cuma bisa bangga, Horeee, aku pernah liat planet mars, jupiter, bintang sirius, capella, konstelasi libra (zodiak ku), andromeda, dll. AKu bangga dengan diriu sendiri. Aku memang jagoan euy.. Wahai teman-temanku, segeralah kalian minta tanda tangan sang jagoan ini..wwuuuaahahaha…

Kerennya lagi, Stellarium itu bukan sekedar video biasa, aku menyebutnya teknologi yang mengerti anda -halahh-.. Jadi, kita bisa ngatur, mau nampilin apa aja, planet, bintang, konstelasi, ground, atmosfer. Selain itu, ada juga searching nya, jadi kita bisa masukin keyword nya, misalnya : Ayu keren, ntar dijamin gak bakal keluar apa-apa.. Tapi coba ganti keyword nya dengan : sun, libra, sirius, capella, vega, dll.. Ntar si Stellarium (sebut saja stella, bukan nama sebenarnya) akan mencarinya buat kita.. Seru kan… Weiits, bukan itu aja lho.. kita juga bisa milih lokasi kita, negara kita. Kalo untuk Indonesai baru beberapa kota aja yang ada, antara lain Jakarta (disana ditulisnya :Djakarta, jadul nih), Bali, Ujung Pandang, jatinegara. Naah, aku tadi coba klik, Djakarta.. dan Great!! Muncullah keadaan atmosfir jakarta pagi ini (utk diketahui, aku maen stella jam 06.00), dan di stella, aku liat bahwa di Jakarta, matahari sedang terbit (whoOw,i saw the sun Rise), Lalu ku coba, klik Bali, munculnya matahari terbit juga, tapi di Bali, matahari udah lebih tinggi daripada di Jakarta..
lalu kucoba lagi di London, ternyata di sana, matahari belum terbit, alias masih malem.. hehehe.. Aku memang keren..

Thank’s God you give me Stellarium so I can see your miracles.

One thought on “Stellarium, cool…

  1. ehm..ehm…blognya udah ganti theme neh…biar g dikatain ya…?
    bagus juga kok…tapi kayaknya ada yang janggal, judul blog lw kepanjangan, jadinya kepotong kebawah…liat aja…

    btw, boleh dong gw kenalan sama temen lw si stellarium (sebut saja stella, bukan nama sebenarnya…haha..) kali aja bisa nemu planet baru….:p

Leave a Reply

