Lagi-lagi ibukota (cara aman dan sehat berkendaraan motor)

Belajar dari pengalaman, berangkat ke kantor, pagi2, jalanan udah penuh sesak dan polusi.. Hm…Kalo begini, bisa-bisa aku ikut-ikutan penyakitan.. Akhirnya kupikir-pikir bagaimana cara yang mudah untuk berkendara motor dengan aman dan sehat.. Mengapa aman?? Ya menyesuaikan dengan perilaku berkendara angkot dan bis kota plus bajaj yang serampangan… Karena kalau kita terserempet salah satu dari makhluk itu, jangan harap akan mendapatkan ganti rugi yang layak.. Yups..mencegah lebih baik daripada mengobati..

1. Gunakan helm standard.. Half Face boleh, Full Face lebih bagus.. Dan lebih mahal.. Helm berfungsi untuk menjaga kepala kita dari benturan (dengan lalat), juga menjaga kepala dari hujan..dan bau debu serta asap knalpot.. Selain itu juga membantu kita mengurangi jumlah gas CO dan CO2 yang terhirup oleh hidung kita..

2. Siapkan Jas Hujan… Ini juga tidak kalah pentingnya lho.. Jangan sampai di tengah kemacetan Sudirman, lalu tiba-tiba turun hujan, kita malah kebasahan.. Amannya, jika udara mulai mendung, berhentilah sesaat dan gunakan jas hujan..Bila hujan tidak jadi turun, yaa..resiko anda.. Paling-paling diketawain sm pengendara lain krn saltum (salah Kostum).. 

3. Bila ingin berbelok, jangan berikan lampu sign (baca:lampu sen, semoga saya gak salah nulisnya).. Whaat?? Bingung, knapa saya bilang jangan berikan lampu sign?? Ya iyyyalahh (logat Cinta Laura kepleset) Kalau lampu sign nya kita berikan, trus kalau kita mau belok pake apaa donk?? Jangan berikan lampu sign, tapi gunakan lampu sign sebelum berbelok arah.. (bener deh, gak boong)..

4. Bila harus menurunkan salah satu kaki (bukan tangan), maka turunkanlah kaki kanan terlebih dahulu.. Mengapa? karena jika kaki kiri yang kita turunkan, jika lalu lintas padat dengan motor, maka kemungkinan besar kaki kiri kita bisa tersenggol oleh knalpot pengendara lain yang hmmmm.,..anget-anget gimana gitu, tiba-tiba melepuh… Turunkan kaki kanan duluan, karena resiko nya lebih kecil, yaitu paling-paling kaki anda akan terinjak oleh pengendara lain (yg pake kaki kiri duluan), ataupun terlindas oleh kendaraan lain, seperti motor, bus, truk,dll.. (yup, silahkan pilih kaki mana yang akan anda turunkan)..

5. Gunakanlah jaket.. Supaya baju anda tidak berbau asap knalpot ketika anda sampai di tempat tujuan..

6. Gunakanlah sepatu, jangan nyeker..

 

OK… That’s not all.. Masih banyak aturan lain yang bisa anda dapatkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, langsung dari hape saya..

NB : Terinspirasi karena penulis baru beli helm..

One thought on “Lagi-lagi ibukota (cara aman dan sehat berkendaraan motor)

  1. cie….yg helmny baru……beliin dunkzzz….kn baru terima …..
    tapi setuju…coz, aq pernah beberapa kali kecelakaan d SMA naik motor😀 , tapi alhamdulillah terselamatkan oleh helm, makany sampe sekarang aku hampir selalu pake helm,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s