Innallaha ma’ana

Apakah aku disini untuk menatap mereka?? Untuk menonton mereka?? Terkadang egoku muncul.. Ah, peduli apa aku dengan mereka? Siapa mereka? Orang-orang egois penuh kesombongan.. Membangga-banggakan anugerah yang diberikan oleh Allah..Tanpa mereka tahu siapa musuh sejati dari sbuah kebenaran..

Entah,mungkin akupun adalah pecundang. Terkadang aku adalah satu dari mereka yang hanya bisa melihat, menyemangati, namun apa? Kosong. Semua yang dilakukan tak lalu menjadi bekas tersendiri yang dapat terukir dan menjadi relief khusus dalam peradaban ini.

Tapi kulihat,,aku lihat itu. Aku lihat sesuatu yang lain. Bukan sekedar siapa aku dan siapa kamu. Bukan sekedar salahkah ini atau benarkah ini. Namun lebih kepada ‘inilah kenyataan’.. Dan kenyataan pun, tak ubah seperti keadaan2 lain,,ada masalah yang harus dihadapi. Lalu apa yang kita lihat dari kenyataan? Apakah rasa ingin tahu yang terpuaskan, ataukah ditambah dengan pendapat pribadi, atau ditambah lagi dengan inisiatif solusi, ataukah lebih lengkap lagi ditambahkan dengan aksi yang real?

Itulah urutannya,paling tidak bagi diriku.

Kenyataan yang kuhadapi, seolah tarikan dari kedua sisi tanganku. Tidak, aku bukanlah untuk diperebutkan. Bukan diriku jika aku hanya merelakan jiwa ini jatuh ke salah satu sisi. Selama Tuhan masih satu, maka aku berada di pihak Tuhanku..

Syukurlah,Allah bukakan mataku.. Kini bisa kulihat, aku bukanlah segaris tepat diantara mereka. Aku bukanlah bagian dari salah satu dari mereka. Akulah bagian dari dunia..Semesta alam.. Seperti yang digariskan oleh Allah Tercinta, menjadi khalifah minimal bagi diri sendiri. Aku tidak menginginkan perpecahan,permusuhan. Syukur ku, masih kulihat diriku tanpa pihak manapun. Karena yang kubela hanya 1,, yaitu Agama Allah..

One thought on “Innallaha ma’ana

Leave a Reply

