Social Networking

Social Networking

Social Networking

Social networking, atau lumrahnya di Indonesia dikenal dengan nama situs jejaring sosial, sudah banyak ditemuui diakses oleh masyarakat yang tentu saja berasal dari komunits yang majemuk.

Bahkan, anak-anak sekolah pun sudah banyak yang memiliki account pada beberapa situs tersebut. Sebut saja misalnya Facebook, twitter, myspace, bahkan ada situs-situs yang menyajikan jejaring sosial dengan konsep yang unik-unik seperti misalnya formspring, yang menyajikan pertanyaan-pertanyaan antara member yang telah di follow..

Beberapa tahun lalu, saat penulis masih duduk di bangku SMA, tepatnya sekitar tahun 2004, situs jejaring sosial yang pertama kali mem-booming adalah friendster. Saat itu, koneksi internet masih agak sulit untuk dijangkau, bahkan dengan kecepatan yang sangat memprihatinkan.

Disini penulis akan menjabarkan beberapa social networking yang akrab di telinga kita sehari-hari :

  1. Facebook. “Giving people the power to share and make the world more open and connected.” itu adalah quote yang merupakan motto dari situs jejaring sosial ini. Booming nya facebook saat ini menggantikan friendster yang banyak ditinggalkan membernya. Di facebook, kita dapat mencari teman-teman lama, update status, berbalas comment, berbagi foto, group, dan sebagainya. Untuk ukuran sebuah sosial networking, facebook adalah yang memiliki fitur yang paling lengkap.
  2. Twitter. “Share and discover what’s happening right now, anywhere in the world” Itulah quote yang dikedepankan oleh situs jejaring sosial bermaskot burung ini. Di twiter, sistem yang digunakan adalah saling memfollow. Jadi setiap member dapat memfollow siapa saja yang ia inginkan. Twitter juga menyediakan status update, tapi dengan catatan, setiap member hanya memiliki 1 status, jika ada status baru yang dibuat, maka status lama akan terganti. Demikian juga jika mengomentari status orang lain, maka status kita akan terganti dengan komentar tersebut. Selain itu, di twiter juga menyajikan trending topics yaitu topik-topik yang sedang hangat di masyarakat. Twitter sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. benar-benar mobile.
  3. MySpace. Situs ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan pendahulunya, yaitu friendster. Di MySpace, kita dapat memiliki status, foto dan sebagainya. Masa keemasan situs ini hanya berlangsung sebentar karena beratnya proses loading pada situs ini.
  4. Friendster. Inilah yang menjadi cikal bakal maraknya situs-situs sosial networking. Pada masanya, Friendster membooming sama seperti Facebook saat ini. Hampir semua orang memiliki account di friendster. Namun kemudian digeser oleh facebook yang menawarkan fitur yang lebih komplit dengan teknologi yang sudah mengadopsi AJAX sehingga loading page nya lebih cepat dan ringan. FYI, friendster hanya menggunakan PHP standard saat itu.  Tapi sekarang, friendster pun telah berubah, lebih mengikuti facebook.
  5. Formspring. Situs ini berkonsep seperti wawancara. Jadi setiap member dapat mem-follow member lain, sama seperti di twitter. Bedanya, disini disediakan inbox yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh member lain. Jadi, sistemnya adalah saing bertanya. Situs ini sangat mengasyikkan karena beda dengan yang lainnya. Selain itu, kecepatan situs juga tergolong sangat cepat.

Itulah beberapa situs jejaring sosial yang pernah ataupun sedang marak. Jika anda bingung untuk menggunakan yang mana, maka sesuaikan dengan kebutuhan anda. Dan pesan yang sangat saya suka,, Gunakan Koneksi Internet anda dengan bijak..

Retno Ayu Widiyaningrum

One thought on “Social Networking

  1. Bolehh nambahin dikit yahhh mbak…
    ada satu lagi layanan mikroblog yang (semoga saja) ngetrand…yg ini buatan anak bangsa sendiri..namanya koprol… sebuah layanan jejaring sosial berbasis lokasi.. Uniknya kita bisa mengetahui siapaa saja anggota koprol yg sedang satu lokasi dengan kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s