Keberanian

Berbagai kata bisa kita gunakan,,yg berbeda2 tentunya, untuk mendeskripsikan hidup..

Jika dibilang hidup itu indah,hidup itu anugerah, hidup itu ujian, hidup itu perjalanan, hidup itu ibadah, hidup itu keberanian, semuanya benar… Ingatlah, pandangan orang yang berbeda2 tentang hidupnya..

Lalu tentang keberanian,

simple, keberanian berakar dari kejujuran. Berangkat dari lapisan kejujuran yang paling dalam, yaitu kejujuran kpd diri sendiri. Pernahkah kita jujur akan diri kita kepada diri sendiri? Biangung menjawabnya? Coba jawab pertanyaan ini dulu, apakah dalam setiap masalah kita selalu berusaha untuk mencari alasan untuk membenarkan apa yang kita lakukan? Lalu pernahkah kita merasa bahwa pikiran kita masih mungkin salah?

Banyak orang terjebak dalam pembenaran diri sendiri, yang akhirnya malah menutupi kejujuran kpd diri sendiri itu. Sanggupkah kita jujur pada diri kita, bahwa kita hancur, kita banyak khilaf, kita dibenci oleh beberapa orang, kita bobrok, kita egois, kita suka memanjakan nafsu… Sanggupkah kita jujur akan semua keburukan dalam diri kita. Sadarilah keburukan kita, agar dapat kita atasi hingga ke akar-akarnya….

Aku bukanlah orang yang sempurna. Bahkan tulisan inipun mungkin tak layak aku yg menuliskan. Whatever, yg jelas,mari kita sama2 belajar untuk jujur pada diri sendiri….

9 thoughts on “Keberanian

  1. Yup,,setuju…
    Alih alih menjaga gengsi dimata orang lain,,ujung2nya malah membohongi diri sendiri..Akhirnya terpaksa hidup dengan topeng bahkan tak mampu memandang dirinya sendiri..
    Astaghfirullah……Smoga kita smw bisa jadi orng yg jujur dan apa adanya… aamiin..

    • Wahwahwah mbak ayu…nice post nih…ini yang aku renungi ketika aku sms kamu hari itu sampai saat ini, dan itu sebabnya kenapa aku juga minta maaf sebelumnya, aku sama seklai gak mau ngebohongin diri sendiri, seberapapun kebobrokanku, terkadang aku menutup diri bahkan pura2 gak ada apa2, begitu pula dengan isi smsku hari itu, aku cuma ingin kamu tau dan ngerti bagaimana aku saat ini, aku mau kamu yang tau, bukan orang lain..karena itu sama saja dengan aku memupuk banyak dosa lagi dengan membicarakan kamu dengan orang lain.(ada hubungannya juga yahhh heheheh🙂 )

      Sekali lagi maaf untuk semua isi sms itu ya ayu, aku hanya ingin belajar untuk memaafkan(tanpa ingin menututp2i sama kamu) dan aku tau kamulah orang yang tepat untuk membantuku berusaha untuk meminta maaf dan memaafkan.

      semoga ini segera berakhir ya yu….aku hanya tau cara inilah yang saat ini lebih tepat. Siapapun kamu, aku, dia dan mereka…kita semua gudanya KHlLAF dan DOSA…semoga ALLAH berkehendak memberikan kita HIdayah dan pelajaran menuju jalanNYA yang lurus, hingga akhir yang kita semua tunggu.

      AMIN.🙂

  2. @Eva :
    Aamiin…😀
    No problem,,kebenaran yg pahit lebih baik daripada kebohongan yg pake pemanis buatan😉
    Apapun keadaannya, klo ada apa2 ttg aku, silahkan aja bilang va…Kan qt sama2 pejalan kaki yg nyari ttg arti kejernihan…😉

    • thanks ya yu, sekali lagi maaf…sebelum semua menjadi terbuka lebar. Maklum aku sedang belajar untuk menutup ini sekecil2 semampu2 aku bisa…mungkin aku terlalu egois masih menyangkut2kan kamu, tapi aku gak mau berlarut2 dengan teman2 aku untuk curhat. Cukup diam, dan renungin sisanya mengadu sama DIA. Dan terakhir belajar untuk membuat komunikasi yang baik dengan kamu. Thx untuk terus baik🙂

  3. saling mengingatkan, menegakkan amar ma’ruf nahyi mungkar. termasuk didalamnya jika terdapat keburukan yang tersengaja ataupun yg tidak. sehingga kita bisa sama2 selalu berada dijalanNYA yg lurus, sama2 masuk surga..

    aamiiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s