Kuliah iseng-iseng bermanfaat

Jadi begini anak2, ketika kita membuat sebuah aplikasi, berskala enterprise dengan mengunakan java programming language, kita harus menentukan entity apa saja yang ada di dalam aplikasi yang akan kita buat. Apa itu entity? Secara sederhana, entity adalah kata benda yang terlibat dalam transaksi di aplikasi kita. Apa pula itu transaksi? Transaksi biasa menjadi istilah yang menggambarkan data yang diambil dari database, lalu diproses,lalu hasil dari proses tersebut dimasukkan ke dalam database lagi.

Lalu, database itu apa? Database secara sederhana adalah storage untuk menyimpan data. Yang sedang trend saat ini adalah struktur database relasional. Maksudnya? Maksudnya, database relasional adalah penyimpanan data yang dikelompokkan dalam tabel-tabel. Lalu di tiap tabel tersebut terdapat field-field, nah, antara field di tabel 1 dan field di tabel lain, itu memiliki hubungan, itulah mengapa disebut relasional.

Masa kejayaan database relasional memang belom bisa disebut berakhir, tapi sejauh penglihatan penulis, ada sebuah metode baru yang ditemukan entah oleh siapa,😀 , yang bernama ORM, yaitu Object Relational Mapping. Kita kan tau nih, bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek, nah sedangkan database tadi bentuknya tabel-tabel. Gak nyambung donk? Makanya dikembangin yang namanya ORM tadi, yang gunanya untuk membantu menangani mapping / pemetaan antara tabel-tabel tersebut menjadi objek-objek. Caranya? Gak tau deh, tanya aja ama yang bikin core nya Hibernate .😀

Bersambung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s