aku hanya ingin keadilan bagi bangsaku !!!

HIDUPLAH INDONESIA RAYA,

hormat bendera

BANGUN NEGERIKU!  Ditengah bisingnya mesin uang milik kaum kapitalis, yang berjalan bebas seperti komunis berbau amis, yang berdiri kokoh memegangi perut buncit mereka yang begah kekenyangan, lalu berjalan angkuh diatas sebuah rantai, Rantai Liberalis. Rantai besar dan tebal, terbuat dari baja berlapis 9, dengan cat emas bertahta permata, namun ujung-ujungnya tali runcing, kasar, keras, namun setia dipegangi kencang oleh nyawa-nyawa pribumi, yang bersimbah keringat, darah dan airmata, tanpa tahu apa dan siapa yang mereka junjung, untuk siapa mereka menangis. Tak pernah mereka tahu bahwa dibawah mereka ada tambang emas yang kaya raya, ada tanah yang subur, ada sumber minyak dan logam yang tersimpan, semata-mata karena tak sedikitpun mereka dapat menghirup kebebasan mereka, untuk menapaki tanah mereka, mereka disibukkan untuk bergantung pada tali yang telah berlumur darah pribumi itu! Entah karena menjaga darah leluhurnya, atau karena mata yang tak diberi kesempatan untuk melihat dari sudut lain negeri itu!

BANGUN NEGERIKU, bangun pemuda pemudi bangsaku, jadilah pemimpin di negerimu sendiri, raihlah harga diri bangsamu yang lambat laun mulai dirampas, jangan biarkan ia menjadi korban yang akan begitu saja ditinggalkan oleh pecundang-pecundang itu ketika semua makanan telah mereka rampas!  Lalu kemana lagi tanganmu yang telah terkuliti itu akan kamu genggamkan?

Jadikan kami semua, pemuda pemudi bangsa, menjadi khalifah bagi kebenaranMu Ya Rabb…

~aku hanya ingin keadilan bagi bangsaku~

One thought on “aku hanya ingin keadilan bagi bangsaku !!!

  1. berbicara ttg situasi kebangsaan kekinian..kadang jadi mikir..
    #apakah benar konsepsi berbangsa “NKRI” yg menjadi manifesto perjuangan para founding father kita dalam membentuk bangsa yg disebut Indonesia adlah jalan terbaik bagi seluruh rakyat yg bernaung dibawahnya, dari generasi awal hingga generasi akhir crita…??#
    kl menilik dari sejarahnya bahwa bangsa ini terdiri dari koloni-koloni yang terbentang berpulau-pulau dari sabang sampai marauke, yg terkahir disebut sebagai NUSANTARA. Koloni-koloni ini mendeklarasikan diri mereka untuk bersatu dalam panji Indonesia berdasarkan kesamaan “nasib dan penderitaan” sebagai daerah yg dijajah oleh kolonialisme Belanda selama berabd-abad.
    yang kemudian ak gugat adlah apakah sudah tepat “alasan” pemersatu bangsa indonesia tersebut..??
    untuk mencoba mencerna hal ini,ak coba membagi step by step metmorfosis system ketatanegaraan nusantara dari sudut pandang sejarah kekuasaan.
    1. hamparan nusantara ini merupakan kumpulan pulau-pulau, kerjaan-kerajaan, adat-istiadat dan budaya dari masyrakat yang tak terperikan keanekaragamannya. dalam tahapan ini masyrakat terbagi dalam kelompok2 kerjaan dan masyarakat yg lebih kecil.
    2. konsepsi nusantara kemudia muncul pada zaman kerajaan majapahit, yg diproklamirkan oleh Patih gajahmada, motivasi dari konsep kebersatuan nusantara ini pun agaknya kurang jelas.. mungkin saja, ini hanyalah motivasi kekuasaan yg tak pernah puas untuk menaklukkan kerjaan-kerjaan sekitar. konon katanya luas kekuasaan majapahit ini terbentang dari semenanjung malaya, jawa, borneo, bali, hingga philipina(sumber:wikipedia)
    3. zaman kolonial bangsa2 eropa. eropa yang memulai petualangannya dengan misi 3G (Gold, glory and gospel) mampir di pulau-pulau nusantara..dan ternyata bertahan lama untuk mengeruk harta khorun yg berserakan diatas tanah pulau-pulau ini. metode dan motivnya pun hampir sama, memerangi dan menguasai.
    4. dengan proses yang panjang dan berdarah, lahirlah bangsa baru yg diberi nama Indonesia, yg terdiri dari daerah2 bekas jajahan belanda. pada tahun 1945 menyatakan dirinya “merdeka” dan baru pada 1949 kemudian diakui oleh dunia internasional, sebagai negara yang konon memiliki kedaulatan untuk mejalankan hidupnya sendiri.
    5. dengan lahirnya sebuah bentuk nation baru, lahir pula penguasa baru, yang berhak penuh untuk mengatur kehidupan pihak (baca:rakyat) yang dikuasainya. baik itu benar (positif) maupun buruk (negatif) bagi rakyat yang dikuasainya.

    dari tahapan sejarah diatas, agak lumayan ragu, mengakui bahwa konsepsi NKRI adalah yang terbaik. pasalnya bukankah kita hanya meneruskan apa yg ditinggalkan oleh belanda (wilayah kekuasaan dan bnyak hal lagi), yang sama-sama kita sepakat bahwa belanda adalah penjajah yag terus kita lawan selama berabad-abad. ak malah mikir, “kayaknya kita hanya berganti penguasa deh.. toh keterjajahan pun tetep kita rasakan”.
    Belum lagi kepentingan-kepentingan korporasi besar, tidak pernah beranjak dari hidung kita sejaka nenek moyang kita 4 abad yang lalu. Kalau dulu mereka mengenal namanya VOC dan EIC, sekarang kita lebih bergam lagi, ada Caltex, freeport, exon, microsoft dan lain yg tidak asing bagi telinga kita. Kalau dulu nenek moyang kita 4 abad yang lalu disuruh untuk mengeruk hasil bumi diatas tanah (baca:hasil pertanian) kita untuk perut mereka di benua biru sana, sekarang kita diminta untuk mengeruk dan membeli hasil bumi kita, baik yg diatas maupun dibawah telapak kaki kita. untuk kepentingan geopolitik mereka.
    Lalu benarkah kita sudah atau lebih tepatnya “pernah” kita merdeka..???
    mungkin sebaiknya kita bersatu dalam kekuasaan yg berdasarkan ras atau persamaan lain semisal agama, dari pada persamaan nasib dan penderitaan yg berumur 3,5 abad. Atau kalau perlu kita tidak memerlukan batas teritorial negara (yang banyak menimbulkan pertikaian). kita semua adalah satu.. “HUMAN”. bersosialisasi dalam kepentingan kewajiban dan hak yang sama..yaitu nilai-nilai dasar kemanusiaan yang menjadik hak seetiap mahluk. tanpa rasa ingin menguasai dan menang sendiri.. (mungkin g yahh..??? pa gw cuman mimpi..??). Seperti kata Imam Syafii “Riddonnas gayatunn la tadra’.. : ridho manusia merupakan tujuan yang tidak bisa dicapai” (kutip dari Ana Altafunnisa nya KCB..hehehehe)

    heheheee iseng berfikir “out of the box” atau lebih tepatnya nyelneh kali yahh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s