Jangan memisahkan AKHLAK dengan IBADAH

Salah satu tujuan kita mempelajari akhlak adalah menepis kesenjangan yang sangat jauh antara akhlak dan ibadah. Dalam konteks yang lebih luas, untuk melenyapkan jarak antara agama dan dunia. Engkau mungkin menemukan orang yang begitu baik tatkala berada di masjid, tetapi begitu buruk di luar masjid. Seolah-olah ia berkata, “itu tidak penting. Adapun ibadah seperti yang dikehendaki agama adanya di dalam masjid. Sementara dalam hidup ini aku berhak melakukan apa yang kuinginkan.” Ini sungguh salah.

Pemisahan tersebut sama sekali tidak dikenal dalam Islam. Islam adalah satu kesatuan, masing-masing saling melengkapi. Kesenjangan yang sangat jauh antara akhlak dan ibadah menghasilkan dua tipe manusia : pertama, manusia yang rajin beribadah, tetapi buruk akhlaknya. Kedua, manusia yang berakhlak baik tetapi buruk ibadahnya. Keduanya adalah tipe yang tidak dibenarkan di dalam Islam.

Rasulullah SAW bersabda, “Demi Allah tidak beriman,Demi Allah tidak beriman,Demi Allah tidak beriman”. Sahabat bertanya, “Siapa ya Rasul?” Beliau menjawab, “Orang yang tetangganya merasa tidak aman dari keburukannya” (HR Muslim, Imam Ahmad). Bayangkan seorang wanita menjemur cucian yang masih basah, lalu bekas airnya berjatuhan diatas cucian tetangga yang tinggal di bawahnya. Dengan begitu, ia terkena hadist diatas. Lalu bayangkan, seseorang memarkir mobilnya di depan garasi tetangganya, tanpa izin, dan lalu ia memasang rem tangan. Lalu ia pergi ke rumahnya untuk sholat. Ia pun terkena hadist diatas. Sepertinya engkau akan terperanjat dan menyanggah, “Bukankan ia pergi untuk sholat? ” Tampaknya engkau lupa, bukankah sudah diutarakan, kita tidak boleh memisahkan antara AKHLAK dengan IBADAH.

Kutipan dari : Dr, Amr Khaled, Buku Pintar Akhlak, yang diterjemahkan dari Akhlaq al Mu’min (Dr Amr Khaled),2010

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s