Kasih Sayang Nya Meliputi Seluruh Umat Manusia, bahkan Orang Kafir Sekalipun

Di antara bentuk kasih sayang Nya kepada kita, kasih sayang Allah meliputi seluruh umat manusia bahkan orang kafir sekalipun.

Mengapa demikian? Bukankah Allah tidak menahan rezeki Nya terhadap orang kafir? Bukankan ini merupakan bentuk kasih sayangNya? Maha suci Allah. Mereka tidak menaati Allah dan tidak beriman kepadaNya. Namun demikian, apakah Allah menahan udara untuk mereka? Tidak, meskipun bumi ini adalah bumiNya dan langit ini adalah langitNya.

Allah tetap memberikan rizki kepada mereka serta tidak menahan udara dan air untuk mereka. Itu sebagai bentuk kasih sayang Allah dengan harapan mereka kembali kepadaNya. Perhatikanlah kisah berikut :

Seorang lelaki tua mendatangi Nabi Ibrahim a.s lalu Nabi Ibrahim mengajaknya makan. Beliau membakar api untuk memasak makanan. Tiba-tiba orang tua tadi datang dan bersujud di hadapan api karena ia seorang penyembah api. Maka Ibrahim marah dan berkata kepadanya “Bangun! Engkau menyembah api?” Orang itu pun lalu bangun dan keluar. Lalu Allah mengutus Jibril kepada Ibrahim, “Wahai Ibrahim, engkau tidak sabar menghadapinya walaupun baru sebentar. Sementara aku sabar dan menghadapinya selama enam puluh tahun.” Mendengar itu Ibrahim berlari menyusul orang tua tadi dan berkata “Mari kita makan!”. Orang tua itu bertanya “Mengapa?” Ibrahim menjawab “Tuhan telah menegur perbuatanku pada dirimu” Orang itu pun berkata “Sungguh Tuhan Yang Maha Pengasih, yang layak disembah” Akhirnya ia masuk Islam.

Perhatikan ungkapan Nabi Ibrahim a.s : “Ingatlah ketika Ibrahim berkata , ‘Wahai Tuhan, jadikanlah negeri ini sebagai negeri yang aman sentosa, serta berikan rizki dan buah-buahan kepada penduduknya’“(QS Al Baqarah  : 126).

Kemudian beliau memberikan sebuah syarat “Yaitu diantara mereka yang beriman kepada Allah dan hari akhir.” Namun perhatikan kasih sayang Allah ini, “Orang yang kafir, Aku berikan kenikmatan sebentar padanya, lalu Aku paksa ia masuk ke dalam siksa api neraka“.

Dikutip dari Buku Pintar Akhlak, karangan Dr Amr Khaled (Motivator Muslim Dunia) halaman 203-204

Subhanallah, betapa Allah menyayangi semua hambanya, semua manusia, dan memberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk kembali ke jalanNya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s