Ada Dakwah Dalam Mu’amalah

Image

Bismillah….

Baju Muslim Anak Soleh , berawal dari coba-coba buka usaha mandiri. Dari sebuah niat kodrati yang pastinya membutuhkan dana yang hmm.. lumayan, ditambah gaji saya sbg pegawai biasa, plus harus membiayai kuliah pascasarjana sendiri dan biaya hidup pun mandiri. Lalu kami berpikir, bagaimana caranya untuk membantu finansial kami, yang sebenarnya sih, hidup kami biasa-biasa saja, tidak kekurangan. Sehingga kami hanya butuh tambahan untuk membantu tabungan kami saja. 

Akhirnya kami putuskan untuk berdagang. Apa yang dijual? Kami pun ga tau awalnya. Melihat teman kantorku juga mulai berjualan, aha, aku jadi tau tentang dropship. Gugling punya gugling, tanpa disengaja, tanpa niat apa-apa, akhirnya aku terbawa lalu terhanyut pada sebuah produk baju muslim anak yang motifnya lucu-lucu banget (ga kaya baju muslimku jaman dulu, yang kalo ga terpaksa ga akan kupake😀 ).. Lalu kucari info-info dari pedagangnya, untuk bisa kujual dgn sistem dropship. Kenapa dropship? Karena kami jualan, ga modal nekat. Alhamdulillah kami sadar diri, walaupun modal ada, tapi kami khawatir karena kami belum tau pasar, belum tau trik-trik berdagang, dan belum tau sirkulasi barang, maka kami putuskan untuk ga menampung stok barang, alias pakai sistem dropship. Keuntungannya memang keciil, namanya juga tanpa modal dana,,cuma modal koneksi internet😀 . Waktu itu keuntungan penjualan per baju hanya Rp 5000.

Facebook Baju Muslim Anak Soleh pun berkibar…. Sebuah facebook page tempat berjualan kami. Dengan pertimbangan, kalau kubuka profil baru, maka harus friend dulu baru org bisa komunikasi dgn leluasa, dan juga saat itu, facebook belum bisa integrasi beberapa profil dalam 1 account (ga tau sekarang bisa ga), jadi proses utk sekedar mampir dan nanya-nanya pun jadi lama (add friend –> approve). Nah, jadi kami pakai page, yang memang mudah dalam pencarian, serta pengunjung hanya tinggal “Like” tanpa harus menunggu konfirmasi dari kami untuk memesan barang.

Alhamdulillah sekarang toko kami bisa seperti sekarang ini. Kami bisa punya stok barang sendiri, ada yang dari agen, bahkan beberapa barang ada yg langsung dari produsen, otomatis harga kami ga menjulang tinggi. Selain itu kami juga sekarang sudah punya reseller-reseller dari berbagai daerah di Nusantara. Omzet per bulan kami pun Alhamdulillah sejak bulan ke 3 hingga sekarang mencapai sekitar Rp 5juta/bulan. Alhamdulillah, semua berawal dari niat baik, dan insya Allah dengan cara yg ma’ruf.

Bagi kami, kepercayaan pelanggan yang utama. Bukan tidak pernah kami dikecewakan oleh pelanggan, tetapi yasudahlah semoga bisa menjadi proses pembelajaran bagi kami. Dan Insya Allah ba’da Idul Fitri 1433 H ini, kami akan mencoba memproduksi barang kami sendiri, sehingga bisa lebih menekan harga poduksi, sehingga otomatis menekan harga jual. Alhamdulillah kami sadar betul dan kami bersyukur telah mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan barang yang kami jual. Baju Muslim Anak Soleh, Insya Allah ada dakwah dalam Mu’amalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s