Camping Pondok Halimun, Sukabumi

Berikut ini adalah jurnal perjalanan camping di Pondok Halimun, Sukabumi.

Pondok Halimun terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Suasana yang sejuk , lebih tepatnya dingin, nuansa hutan dan kebun teh khas pegunungan, cocok banget utk melepas penat setelah lelah bekerja.

Berangkat dari terminal Lebak bulus sekitar jam 7, naik Bus Kecil “Parung Indah” jurusan Lebak Bulus-Sukabumi dengan tarif Rp 22ribu/orang. Dari Terminal Sukabumi ke Pondok Halimun bisa naik ojeg seharga 25rb atau naik angkot merah sampai pintu gerbang pondok halimun.

Dari gerbang pondok halimun, dilanjutkan perjalanan jalan kaki menuju pos pondok halimun sekitar 500meter, lalu di pos ada petugas yang menagih retribusi sebesar 3000/orang.  Waktu tepat menunjukkan pukul 12:00, pas banget sampai di musola di deket pos pondok halimun. Setelah sholat dzuhur, perjalanan berlanjut dengan mendaki sekitar hampir 2km melewati perkebunan teh milik PTP. Setelah itu sampailah di pintu masuk camping ground, disana banyak waung-warung yang menjual beraneka makanan, seperti pisang bakar, jagung bakar, indomie dll. Disana juga terdapat warung yang menyewakan tenda dan peralatan camping lainnya dengan harga sewa tenda 100rb. Setelah itu, untuk sampai ke lokasi camping, jalan lagi naik tapi ga jauh. Camping terbagi 4 lokasi, yaitu lokasi 1, 2, 3, 4. Lokasi 4 paling jauh, tapi ga sampai 1km dari pos camping ground. Di Lokasi 4 juga terdapat warung sehingga anda bisa membeli makanan/minuman disana.

Dekat dari lokasi camping, terdapat curug cibereum, yang jaraknya sekitar 1-2jam berjalan kaki dari lokasi 4. Perjalanan pulang bisa ditempuh melalui 2 jalan alternatif, lewat jalan datang atau jalan terus setelah curug. Alternatif kedua menawarkan pemandangan yang lebih indah.

Salam Anak Hutan!

7 thoughts on “Camping Pondok Halimun, Sukabumi

    • Ini Oktober 2012 …
      Iya 100rb, tp tenda nya ukuran nya gede banget.. Bisa muat sekitar 7 orang… emang kemahalan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s